Sabtu, 12 Desember 2020

Sistem operasi Linux dan Distro

Sejarah Linux

Dibuat Tahun 1991 oleh Linus Torvalds seorang mahasiswa dari Universitas Helsinki, Finlandia. Linux merupakan Sistem Operasi turunan keluarga Sistem Operasi UNIX. Linux selain digunakan untuk jaringan dan pengembangan software saat ini mulai digunakan untuk keperluan sehari-hari (pengguna rumahan)



Linux

Dalam OS Linux di kenal istilah distro. Distro kependekan dari distribusi. Distro merupakan sebutan untuk sistem operasi linux dan aplikasinya. Sistem linux merupakan sistem yang terpisah-pisah (Kernel dan aplikasi/pustaka dari komunitas Free Software). Dalam sebuah distro berisi bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuat distro.



DISTRO LINUX

1.    Redhat : distribusi yang paling popular. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah. Redhat sekarang berganti nama menjadi RHEL
2.    Debian : distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
3.    Ubuntu : dibuat oleh perusahaan canonical pada tahun 2004. Ubuntu merupakan distribusi linux yang diturunkan dari distribusi debian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Opsi Inter-VLAN Routing dan Penjelasannya

 Terdapat 3 opsi Inter-VLAN Routing, yaitu: Legacy Inter-VLAN Routing. Merupakan cara lama yang kurang efisien karena setiap VLAN harus terh...